Jumat, 10 Agustus 2012
prinsip2 IMK
Panduan bagi perancang tersedia dalam bentuk:
Teori-teori tingkat tinggi sebagai kerangka kerja atau bahasa untuk membahas hal-hal tak tergantung aplikasi;
Prinsip-prinsip tingkat menengah yang berguna dalam membuat dan membandingkan alternatif desain;
Pedoman-pedoman spesifik dan praktis yang memberikan pengingat tentang aturan-aturan berguna yang telah disingkapkan oleh perancang.
Teori-teori Tingkat Tinggi
Explanatory theory: membantu dalam mengamati kelakuan, menggambarkan kegiatan, menghasilkan desain, membandingkan konsep tingkat tinggi beberapa perancangan, pelatihan.
Predictive theory: memungkinkan desainer membandingkan waktu eksekusi atau tingkat kesalahan dalam desain yang diusulkan.
Predictive theory:
Perceptual or cognitive subtasks theory: memperkirakan waktu perseptual atau kognitif: mencari item pada tampilan, perencanaan konversi huruf tebal menjadi miring.
Motor-task performance times theory: memperkirakan waktu kinerja seperti penekanan tombol atau pergerakan mouse.
Four-Level Approach (Foley & van Dam)
Top-down, descriptive theory yg membagi sistem interaktif menjadi beberapa tingkatan:
Konseptual: model mental pemakai tentang sistem interaktif.
Semantik: arti yang disampaikan oleh komputer I/O.
Sintaktik: pembentukan satuan yang menyampaikan semantik.
Leksikal: ketergantungan terhadap piranti dan mekanisme presisi.
Sesuai dengan arsitektur software.
Memungkinkan modularitas.
GOMS (Goals, Operators, Methods, and Selection Rules) dan keystroke level model (Card, Moran, dan Newell):
Pemakai memformulasikan tujuan (goal) yang dicapai dengan metode (methods) yang terdiri dari eksekusi operators, yang dipilih melalui selection rules.
Keystroke-level model memperkirakan waktu kinerja untuk pelaksanaan tugas bebas kesalahan oleh pakar.
Model Antarmuka Objek-Aksi
Object-Action Interface (OAI) Model
Model sintaktik-semantik dari kelakuan manusia
Digunakan untuk menggambarkan pemrograman, manipulasi database, dan manipulasi langsung.
Konsep semantik:
Diperoleh secara berarti
Tersusun rapi
Stabil di memori
Rincian sintaktik:
Dihafal
Tidak punya aturan jelas
Harus sering diperbarui
Dengan GUI menggantikan bahasa perintah, fokus pada manipulasi langsung objek dan aksi.
Aspek sintaktik tidak dihapuskan, tetapi diminimasi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar